Forester dan Traveler dengan sejuta mimpinya

Alam ini sangat indah ya Allah, bantu kami menjaganya

Jumat, 27 September 2013

Snorkeling di Pantai Kelagian dan Pahawang Lampung

Hiruk pikuk Kota Bandar Lampung yang kian pesat perkembangannya serta aktivitas masyarakat yang kian  meningkat membuat akhir pekan menjadi ajang "balas dendam" bagi masyarakat yang rindu akan hiburan guna melepas penat setelah bekerja, hehehe begitu juga dengan saya.

Saya sangat suka jalan-jalan khususnya wisata alam, karena basic Saya memang pecinta lingkungan, kali ini saya share perjalanan saya ke Pulau Pawahang dan Pulau Kelagian. Pulau-pulau ini merupakan pulau yang berada pada administrasi Provinsi Lampung.  Untuk Pulau Pahawang termasuk pulau berpenghuni, sedangkan Pulau Kelagian tidak berpenghuni dan kedua pulau masing-masing memiliki anak pulau yang disebut Kelagian Kecil dan Pahawang Kecil. Nah kesanalah tujuan saya untuk jalan-jalan kali ini.

Ok, kita mulai turnya...

Saya bersama kawan-kawan yang lain bersiap pagi hari dari Bandar Lampung jam 7 pagi start agar kami bisa memaksimalkan waktu disana.  Kendaraan kami melaju ke Arah Pantai Kelapa Rapet (Klara) Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawran kurang lebih 80 menit perjalanan normal dari Kota Bandar Lampung. Lokasi mencari kapal untuk perjalanan kita banyak tersedia di dekat pos TNI AL (Sebelum Pantai Klara).

untuk biaya kapal seharian hanya dikenai biaya Rp. 400.000 saja, belum termasuk alat snorkel. Jika ingin bersnorkel bisa menambahkan biaya Rp. 50.000 per orang (kacamata snorkel, jaket pelampung, dan kali renang kodok) dan tujuan pertama kita adalah ke Pulau Pahawang Kecil kurang lebih 1,5-2 jam.

Lokasi ini cukup indah untuk bersantai dan berfoto-foto, dan inilah hasil kami ketika baru menjajakan kali di Pulau Pahawang Kecil.

kalo pantai lagi surut, temen-temen bisa langsung nyebrang tuh ke Pulau Pahawang Besar di Belakang foto itu soalnya "cetek" banget pantainya. dijamin memanjakan mata traveler semua deh. setelah bosan berfoto mari keluarkan alat snorkelnya dan saatnya menikmati kenindahan bawah laut Pulau Pahawang.

kami bersnorkeling ria di Pulau Pahawang Kecil sampai puluk 11 siang. dan malanjutkan perjalanan ke pulau kelagian mencari spot snorkel selanjutnya. sampai disana tempat inipun tidak kalah dari Pahawang Kecil, bahkan lebih bagus. 1,5 jam kami bersnorkeling sampai hitam kulit dan merasa kelaparan barulah kami memutuskan untuk beristirahat dan sholat (Ishoma).  kami mencari tempat beristirahat yaitu belakang Pulau Kelagian Besar (kalo yang didepan bayar masuknya, jadi cari gratisan gan). pantainya bagus dengan pasir putih terpampang dan yang penting tidak kotor.

setelah selesai Ishoma, kami mencari spot lain, ternyata ya didekat kami beristirahat, kalau di belakang Pulau Kelagian Besar mayoritas karang besar, jadi lumayan bagus melihat aneka satwa laut.  kami berada spot terakhir hingga pukul 15.30 dan kembali menuju Pantai Klara dan menyudahi petualangan hari ini.

Saran penulis:
1. bawa baju panjang ketika snorkeling, terutama saat jam panas sangat terik.
2. membawa makan siang dan cemilan untuk amunisi selama perjalanan
3. ketika snorkel jangan mencoba menyentuh satwa dan karang yang tidak diketahui karena kita tidak tahu itu berbahaya atau tidak.