Forester dan Traveler dengan sejuta mimpinya

Forester dan Traveler dengan sejuta mimpinya
Alam ini sangat indah ya Allah, bantu kami menjaganya

Selasa, 01 Oktober 2013

Fakta Menarik tentang Sampah




Sampah merupakan barang yang tidak terpoakai dan di buang sebagai limbah hasil aktivitas manuisa.  sangat tidak mengherankan manusia yang makin bertambah jumlahnya termasuk Indonesia, sampah menjadi masalah klasik yang tidak ada habisnya, ditambah lagi dengan perilaku masyarakat yang kadang meremehkan sampah dengan membuang sampah sembarangan sehingga dapat mencemari lingkungan.  Sikap seperti ini yang harus kita ubah dan perbaiki dan memandang sampah sebagai barang penting, setidaknya penting untuk tidak di buang sembarangan karena akan mengakibatkan permasalahan lain, atau lebih baik lagi sampah dapat di ubah menjadi nilai tambah bagi pendapatan masyarakat.

berikut fakta menariknya :

1.Diperkirakan 6,4 juta ton sampah masuk ke laut setiap tahunnya di seluruh dunia dan 80% merupakan plastik. Membuat lebih dari 1 juta binatang laut mati akibat plastik setiap tahunnya.




2. Supermarket di seluruh dunia memberikan lebih dari 17 milyar kantong plastik setiap tahunnya. 




3. Setiap tahunnya diperlukan 12 juta barel minyak serta 14 juta pohon untuk membuat semua plastik.




4. Setiap hari sampah kertas di dunia berasal dari 27.000 batang kayu.







5. Data terakhir Dinas Kebersihan Jakarta sampai saat ini kurang lebih 27.966 m3/hari.  Sekitar 25.925 m3 sampah diangkut 757 truk sampah untuk dibawa TPA.  Sisa sampah kurang lebih 2.041 m3menjadi masalah yang menunggu untuk diatasi.  Jika mau dihitung penduduk DKI Jakarta dapat membangun 1 Candi Borobudur dalam 2 hari dari tumpukan sampah.


6. Indonesia berpeluang menghasilkan listrik dari sampah; dengan 11.330 ton sampah/hr dan diperkirakan dapat menjadi listrik sebesar 566.6 MWh.








Pemerintah mungkin harus lebih serius menangani kasus ini karena permasalahan sampah bersifat global hingga pelosok negeri terutaman daerah perkotaan yang padat penduduk, sala satu solusi yang ditawarkan adalah Reuse, Reduce, Recycle yaitu penggunaan barang yang bisa dipakai berulang kali, mengurangi keberadaan sampah, serta mendaur ulang sampah bahkan yang bisa bernilai ekonomis sebagai reward bagi masyarakat yang mengelolanya.



Kedepan diharapkan pemerintah dapat membentuk Kementerian Persampahan Republik Indonesia (hehe mungkin terlalu bermimpi ya?), atau minimal salah satu badan organisasi dalam pemerintah yang khusus mengelola sampah yang agar solusi yang inovatif dapat menjadi langkah pasti penyelesaian masalah ini.  Mari sama-sama kita selamatkan lingkungan kita menjadi lebih baik lagi, khususnya dari pribadi kita masing-masing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar